Thursday, January 9, 2014

Tips Mencegah Anak Sering Sakit


Anak Anda sering terserang flu, batuk, pilek dan meriang? Badan pegal-pegal dan sering demam. Ini merupakan hal yang cukup sering terjadi pada anak. Usia anak adalah usia dimana sistem imun masih belum kuat melawan segala macam infeksi dan benda asing yang dapat menyebabkan penyakit. Maka, tak heran banyak anak mudah terserang penyakit. Lantas sebagai orang tua, apa yang bisa kita lakukan selain mengantar anak periksa ke dokter. Ini dia tips untukmencegah anak sering sakit.

Tips pertama adalah rajin cuci tangan. Tangan adalah sumber infeksi yang cukup membahayakan. Bagaimana tidak, kita makan dengan tangan, apalagi anak-anak yang sudah mulai bisa makan sendiri, maka ia akan menggunakan tangannya untuk berbagai hal, bermain, mengambil barang-barang mainannya, bersalaman maupun memegang ibunya dan kemudian makan, memasukkan makanan dan barang lainnya ke mulutnya. Dari tanganlah sumber yang sangat potensial untuk menularkan virus dan bakteri. Oleh karenanya mencuci tangan merupakan salah satu jalan yang dapat mencegah rantai penularan tersebut. Cuci tangan baiknya dilakukan setiap setelah menggunakan kamar mandi dan sebelum makan. Caranya adalah mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan air yang mengalir selama 20-30 detik. Ditambah lagi kita dapat menggunakan hand sanitizer yang portable dan siap dibawa kemana-mana, sehingga setiap kali setelah memegang uang dan barang lainnya kita bisa mencegah penularan kontaminan.

Tips kedua adalah mengajarkan kepada anak tentang adab bersin. Bersin merupakan salah satu media penularan infeksi lewat udara, oleh karena dibutuhkan tata cara khusus agar bersin tidak ditutup dengan tangan dan kemudian tangan kita mengandung kontaminan infeksius. Oleh karenanya cara yang baik adalah dengan menutup bersin lewat lengan sehingga tangan aman terhadap bahan infeksius.

So, jangan takut lagi anak Anda akan sering sakit. Bekal yang terpenting adalah memutuskan ranai penularan dengan menjaga kebersihan tangan dan juga mencegah penularan lewat udara dengan menerapkan adab bersin yang baik. Karena kebersihan adalah awal dari kesehatan J.



0 comments:

Post a Comment

 
;