Tuesday, January 28, 2014

Sudah benarkah Posisi Tidurmu?


            Sobat sehat, kini kita bisa bertemu lagi pada pembahasan posisi tidur yang benar menurut ahli kesehatan. Tidur merupakan salah satu kebutuhan makhluk hidup yakni sebagai media istirahat setelah seharian melakukan aktivitas ataupun pekerjaan. Banyak sekali gaya tubuh atau posisi tubuh yang dilakukan orang-orang saat tidur. Beberapa suka tidur dengan posisi terlentang bebas, miring kesamping, menekuk setengah kaki, bahkan ada juga yang tengkurap.
Sebenarnya pada setiap posisi tidur kita ini memiliki manfaat yang sangat besar bahkan bahaya yang sangat fatal jika dilakukan secara terus menerus. Posisi tidur salah mengakibatkan kram otot, sirkulasi darah tidak lancar, mengakibatkan rasa sakit, terutama di bagian punggung hingga mudah terbangun saat tengah malam.Tak hanya itu, posisi tidur salah juga bisa mengakibatkan insomnia.…Waduh-waduh terus sikap mana yang benar-benar tepat bagi kesehatan tubuh kita? Nah pada kesempatan kali ini kita akan mengetahui arti sesungguhnya dari posisi tidur yang biasa kita lakukan.

1. Tidur terlentang

Posisi tidur tengkurap adalah posisi tidur malam yang paling ideal serta sangat nyaman jika kita bisa menikmatinya. Dengan tidur terlentang secara otomatis bisa meluruskan posisi tulang punggung. Posisi ini membantu mencegah munculnya rasa sakit di leher dan punggung, mengurangi refluks asam (kondisi memuntahkan asam lambung, karena naiknya asam lambun), dan bisa mengurangi kerutan-kerutan wajah karena wajah tidak tertekan. Agar nyaman gunakanlah bantal yang tak terlalu tebal dan bisa menopang kepala belakang hingga leher dan juga dibagian bawah lutut. Saat kita tidur dalam posisi terlentang pernapasan kita juga bisa lega atau orang jawa menyebutnya “plong”. Posisi ini tidak akan membuat tubuh anda kaku ataupun nyeri setelah bangun tidur.

2. Tidur miring

Posisi tidur miring juga menjadi posisi tidur yang baik serta posisi tidur kebanyakan orang. Selain bisa meluruskan punggung posisi tidur ini juga bisa mencegah masalah mendengkur. Makanya kita sering mendengar nasehat dari orangtua kita, “jika ada saudaramu yang tidur sambil mendengkur, maka senggolah tubuhnya agar mengubah posisi tidurnya menjadi miring sehingga mendengkurnya berhenti”. Agar nyaman saat tidur dengan posisi miring usahakan menyangga leher dan kepala dengan bantal dan juga meletakkan bantal di antara kedua lutut untuk mengurangi tekanan punggung.

3. Tidur tengkurap

Menurut ahli kesehatan, posisi tidur tengkurap adalah posisi tidur yang paling buruk. Tidak hanya memberi tekanan ekstra pada leher dan tulang punggung, posisi ini juga bisa menekan otot perut. Posisi ini bisa menyebabkan otot tegang dan kaku. Selain itu, tidur tengkurap membuat leher dan kepala terpaksa berputar ke satu sisi saja dan bisa membuat sakit leher. Maka dari itu jika Sobat sehat masih ada yang memiliki kebiasaan tidur dengan posisi tengkurap segera rubahlah posisi tersebut. Tidak jarang saat tidur dengan posisi tengkurap rasanya pernapasan kita menjadi tidak bebas sehingga dada terasa sesak. Mungkin hal ini disebabkan oleh posisi dada kita yang berada dibawah saat tubuh kita tengkurap.

Setelah mengetahui informasi diatas, sebaiknya Sobat segera mengubah posisi tidur yang salah namun sudah menjadi kebiasaan. Daripada kita terkena imbas buruk dari posisi yang tidak benar, lebih baik kita segera mengubah kebiasaan ini menjadi yang lebih baik. Semoga kita selalu diberi kenyamanan dikala tidur maupun bangun…bye bye

0 comments:

Post a Comment

 
;