Monday, February 17, 2014

Jagung Muda Melawan HIV


                                 Tau nggak sih Sobat sehat, ternyata jagung itu berpotensi untuk mencegah penyakit jantung dan stroke bahkan yang lebih hebatnya jagung muda itu bisa juga lho melawan virus HIV. Wah wah …subhanallah, sayuran ini memang alami dan penuh khasiat. Di negara Indonesia jagung muda sangat digemari banyak orang. Sayuran ini biasanya dimasak untuk sayur bening atau juga dikonsumsi dengan cara dibakar sehingga pada saat ini kita bisa dengan mudah menemukan penjual jagung bakar di pinggir-pinggir jalan.
                               Jagung muda merupakan sayuran yang kaya nutrisi, disamping serat dan antioksidan. Sayur ini juga merupakan sumber vitamin C dan mineral manga yang baik. Unsure antioksidan yang ada dalam jagung berlimpah seperti antosianin, betakaroten, asam caffeic, asam coumaric dll. Serat jagung memiliki manfaat bagus bagi saluran pencernaan. Riset terkini menunjukkan bahwa jagung mendukung tumbuhnya bakteri baik di dalam usus besar. Jagung ini bisa diubah oleh bakteri baik menjadi rantai pendek asam lemak yang berfungsi mensuplai energy bagi sel-sel usus dan mengurangi risiko terjangkit kanker kolon.
                            Jagung muda kaya dengan kandungan serat yang baik dan protein penting. Serat dan protein adalah zat kunci untuk menstabilkan perjalanan makanan melalui saluran pencernaan kita. Protein dan serat membantu mencegah penyerapan gula yang terlalu cepat atau terlalu lambat dari saluran pencernaan ke dalam aliran darah. Setelah penyerapan gula stabil, lebih mudah untuk menghindari lonjakan kadar gula darah secara mendadak.
    Jagung juga mengandung vitamin B kompleks yang berlimpah seperti vitamin B1, B5 dan asam folat. Vitamin B1 atau tiamin diperlukan bagi metabolism tubuh, demikian juga merupakan nutrisi penting bagi sel otak dan fungsi kognitif. Konsumsi tiamin diperlukan bagi tubuh untuk memproduksi asetilkolin, neurotransmitter yang penting untuk memelihara kemampuan memori.
    Lalu gimana dengan masalah HIV? Katanya jagung bisa melawan HIV…Tenang sobat sehat, salah satu penelitian juga menunjukkan bahwa jagung muda mengandung lektin. Lektin adalah protein khusus yang ditemukan di hamper semua makanan termasuk jagung. Satu jenis lektin spesifik pada jagung yang disebut GNAmaize ternyata terbukti memiliki sifat menghambat virus HIV.
    Sungguh menakjubkan kandungan sayuran yang satu ini, kalau kita bisa mendapatkan jagung dengan mudah saya sarankan untuk Sobat sehat semua agar sering-sering mengkonsumsi jagung untuk mencegah HIV. Semoga informasi kali ini bisa menambah pengetahuan para pembaca semua…

0 comments:

Post a Comment

 
;