Tuesday, January 21, 2014

Tips Jitu agar Daya Ingat Kuat

 
 
Seiring dengan bertambahnya waktu tentunya kita akan semakin banyak mendapatkan informasi seputar segala sesuatu tentang hidup di dunia ini. Begitu banyak informasi yang dapat diterima oleh otak manusia, seperti halnya pelajaran bagi siswa, tugas kantoran bagi pegawai kantor dan masih banyak lagi. Biasanya semakin banyak informasi atau berita yang kita simpan,  maka otak kita juga akan lama untuk mengingat peristiwa yang bertumpuk-tumpuk. Hal tersebut memang wajar terjadi pada semua orang, karena kemampuan otak manusia untuk menyimpan file-file itu terbatas.
Banyak dari kalangan siswa yang mengeluh “ baru materi kemarin, tapi kok aku sudah lupa ya cara mengerjakan soal matematika ini?” nah kata-kata itulah yang sering keluar dari seorang pelajar. Hal itu masih lebih baik karena sesuai dengan istilah “lebih baik lupa banyak daripada tidak sama sekali” mengapa demikian? Karena apabila kita sering lupa terhadap sesuatu contohnya saja pelajaran, berarti Sobat sudah pernah mempelajari hal tersebut.
Eitssss, tapi jangan takut Sobat. Kini kita akan membahas tips-tips apasaja yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan daya ingat otak kita. Berikut ini informasinya, simak baik-baik ya….!

1.    Jangan pernah berhenti belajar
Belajar tidak hanya dilakukan di sekolahan atau bimbingan belajar, aktivitas belajar dapat kita lakukan setiap saat kapanpun dan dimanapun. Sobat bisa memodivikasi cara belajar yang menyenangkan bagi anda sendiri agar kita tidak bosan untuk selalu enampung ilmu.
Membaca, mengikuti kuliah, program, informasi di televisi dan internet, merupakan sumber pendidikan berkelanjutan untuk otak anda yang tentu saja akan mendatangkan hasil yang bermanfaat untuk perkembangan daya ingat anda.
2. Latih pikiran melalui permainan-permainan.
Semakin anda menggunakan keistimewaan otak, semakin anda membantu daya ingat anda tetap bugar.Ada banyak permainan yang membangkitkan kemampuan intelektual anda, sekaligus juga berkontribusi untuk hubungan sosial yang lebih baik. Backgammon, catur, teka-teki dan banyak permainan papan lainnya, menawarkan hiburan dan juga membantu anda meningkatkan daya ingat.
3. Olahraga
Manfaat olahraga berpengaruh positif pada banyak sistem tubuh, khususnya daya ingat dan kemampuan kognitif lainnya.Olahraga yang anda lakukan tidak perlu dalam bentuk olahraga yang berat, cukup dengan berolahraga selama 20 menit setiap hari dalam latihan yang sederhana seperti berjalan kaki, bersepeda atau berenang.
Terbukti secara ilmiah bahwa berjalan kaki selama 2,5 jam setiap minggu secara substansial akan meningkatkan daya ingat pada orang-orang di atas usia 50 tahun.
4. Mengonsumsi makanan peningkat daya ingat
Apa yang kita makan setiap hari, mempengaruhi kinerja dan kondisi daya ingat kita dalam jangka panjang. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat berpengaruh untuk meningkatkan fungsi sirkuit saraf dari otak yang mengontrol daya ingat.
Ciri-ciri umum dari makanan ini adalah mereka kaya akan antioksidan dan vitamin yang bermanfaat bagi sistem saraf.
Ingatlah bahwa untuk mendapatkan asupan vitamin yang cukup dalam tubuh anda, lebih baik untuk makan lebih banyak buah dan sayuran daripada menelan vitamin formulasi.Alasannya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin anda juga menyerap nutrisi yang berguna lainnya yang bertindak untuk melengkapi dan mendukung kerja vitamin.
Beberapa makanan yang bisa meningkatkan daya ingat anda adalah:
1. Sayuran berdaun hijau, bayam, kubis, selada
2. Brokoli dan kembang kol
3.Jus buah, buah
4.Berbagai macam berry, buah delima
5.Kacang-kacangan
6.Ikan berlemak seperti salmon, sarden, mackerel
7. Minyak zaitun dan minyak nabati lainnya

5. Mengingat kembali aktivitas dalam satu hari 
Sebelem tidur usahakanlah untuk menyediakan waktu kira-kira 10-15 menit untuk mengingat kejadian-kejadian yang terjadi, dari waktu kita bangun tidur, contohnya bangun tidur jam 04.00 WIB setelah bangun langsung mandi sholat, sarapan, pergi kekampus dan sebagainya, dengan membiasakan mengingat kejadian-kejadian yang terjadi sehari-hari, kita telah berusaha membuat otak kita biasa berpikir dan mereplay kejadian-kejadian yang kita alami dalam sehari semalam.

     Semoga tips-tips tadi bermanfaat bagi Sobat, dan yang terpenting dapat memperkuat daya ingat kita. Sampai jumpa pada informasi lainnya…bye, bye

0 comments:

Post a Comment

 
;