Monday, January 13, 2014

Delepen atau " Disminore" apa yang harus dilakukan ?


Dari pengalaman banyak teman perempuan mereka mengatakan bahwa sering mengalami sakit saat haid. Hmmm, sakit itu bisa disebut dengan istilah delepen atau istilah kerennya “disminore”. Jika berbicara mengenai kapan waktu terjadinya, setiap orang berbeda-beda terkadang hari pertama saat haid ataupun hari-hari selanjutnya. Sebenarnya apasih yang menjadi penyebab dari disminore itu? 
Menurut informasi yang saya dapatkan, teori yang paling mendekati adalah yang menyatakan bahwa saat menjelang haid tubuh wanita menghasilkan suatu zat yang disebut prostaglandin. Zat tersebut mempunyai fungsi yang salah satunya adalah membuat dinding rahim berkontraksi dan pembuluh darah sekitarnya terjepit (konstriksi) yang menimbulkan iskemi jaringan.
Intensitas kontraksi ini berbeda-beda tiap individu dan bila berlebihan akan menimbulkan nyeri saat haid. Selain itu prostaglandin juga merangsang saraf nyeri di rahim sehingga menambah intensitas nyeri. Prostaglandin juga bekerja di seluruh tubuh, hal ini menjelaskan mengapa ada gejala-gejala yang menyertai nyeri saat haid.
Sepengetahuan saya, orang yang mengalami disminore saat haid merasakan sakit yang luar biasa hebatnya, bahkan yang lebih parahnya mereka hanya mampu terbaring diatas tempat tidur karena memang sakit yang luar biasa dirasakan. Hiiii…ngeri ya, eits tapi jangan khawatir! Berikut ini solusinya:
  1. Tempelkan botol yang berisi air hangatpada daerah perut, untuk mengurangi rasa nyeri.
b.      Tidur telentang dengan kaki diganjal bantal, Sobat bisa mencoaba berbaring di tempat tidur ataupun sofa untuk mengurangi rasa nyeri. Biasa Sobat akan merasakan nyeri saat menstruasi pada bagian punggung . Dengan cara berbaring Sobat akan meredakan rasa nyeri.
c.       Pijat perut bagian  bawah beri sedikit minyak yang bisa membuat perut hangat untuk mengurangi rasa nyeri
d.       Minum obat tradisional sering digunakan dalam mengatasi nyeri haid. Sobat bisa menggunakan ramuan dengan mencampurkan 15-30 gram daun dewa dengan 20 gram kunyit kemudian direbus dengan 600 cc air. Sisakan setengahnya kemudian disaring dan airnya dapat diminum 2 kali sehari.
e.       Pilihan ini bisa menjadi alternatif terakhir Sobat. Disarankan untuk Sobat berkonsultasi dengan dokter. Meskipun pada umumnya wanita yang mengalami menstruasi akan merasakan nyeri tetapi jika nyeri tidak hilang dan sangat mengganggu bisa jadi awal adanya gejala masalah pada alat reproduksi. Sehingga pemeriksaan dokter akan membantu Sobat untuk mengetahui lebih awal dan memberikan penanganan yang tepat.
Semoga informasi diatas dapat beranfaat bagi Sobat semua, dan jangan lupa selalu makan-makanan yang bergizi ya….Salam sehat!




0 comments:

Post a Comment

 
;