Thursday, January 9, 2014

Mengapa Anak Sering Sakit?


Anak sering sakit seringkali membuat para orang tua khawatir dan menjadi super bingung. Namun, tidak banyak orang tahu bahwa sebenarnya banyak sekali anak usia sekolah maupun usia bermain yang sering menderita sakit, terutama flu dan diare. Dilaporkan dari  health pediatrics about.com bahwa anak-anak mengalami infeksi saluran napas atas sebanyak 6-8 kali per tahun, dan infeksi saluran pencernaan sebanyak 2-3 kali per tahun. Jadi sebenarnya apa yang terjadi pada tubuh anak-anak, mengapa anak mudah terserang sakit? Mari kita bahaslebih dalam dalam artikel ini.
Check it out!!

Ada beberapa faktor yang menjadi dasar mengapa anak sering terserang penyakit. Yang pertama adalah faktor internal dari tubuh anak itu sendiri yaitu sistem imun yang rendah. Sistem imun pada anak akan semakin kuat seiring dengan bertambahnya usianya. Faktor lainnya adalah dari perilaku anak yang tidak bisa menjaga kebersihan seperti halnya orang dewasa. Anak seringkali makan tanpa cuci tangan terlebih dahulu, memasukkan benda atau mainan ke mulutnya dan kemudian menyetntuh tanah, bermain barang lainnya hingga mengunyah-ngunyah ataupun menjilat benda bawaannya. Maka, tak dapat dihindari lagi, anak-anak akan lebih sering terserang infeksi.

Infeksi yang dapat menyerang anak seperti halnya infeksi pada orang dewasa. Bisa disebabkan oleh virus, bakteri, maupun parasit. Infeksi ini bisa juga disebarkan lewat orang lain yang sakit, yang biasanya ditularkan lewat udara atau droplet yang dikeluarkan saat bersin dan batuk. Adapun infeksi lain yang sering ditularkan ke anak-anak adalah cacar, skabies, dan penyakit kulit lainya. Kebanyakan infeksi tersebut ditularkan lewat cairan, lendir pada kulit maupun dari barang-barang yang banyak berkontak dengan kulit.

Jadi, masih khawatir anak Anda sering sakit? Jangan takut dan jangan mudah gegabah. Kekebalan tubuh anak tersebut akan belajar beradaptasi dan belajar menjadi lebih kuat dengan infeksi yang didapatkannya.

0 comments:

Post a Comment

 
;