Friday, January 17, 2014

Anda Mengantuk?


           
Pernahkah Anda merasa mengantuk saat belajar atau bekerja dan belajar? Huh, itu merupakan masalah terburuk yang harus segera dipecahkan. Pekerjaan menumpuk dapat menjadikan seseorang terlalu kelelahan dan akhirnya merasa mengantuk, begitu juga seorang siswa atau pelajar yang jenuh terhadap aktivitasnya yang begitu padat akan menjadikan diri merasakan ngantuk yang sangat berat tingkatannya. Namun sekarang tidak jarang lho, meskipun tidak terlalu banyak  tugas bahkan gara-gara kita males melakukan sesuatu malah menimbulkan rasa ngantuk. Akibatnya banyak orang yang mengeluh “kok saya sering ketiduran di kelas ya?” Atau “kok saya selalu mengantuk jika melihat kertas-kertas di kantor ya?” . Mengantuk dapat menghancurkan segala pekerjaan yang harus kita selesaikan apalagi kita dibatasi oleh waktu, haduh susah deh kalau masalahnya begini. Tapi sobat semua jangan takut saat ngantuk, karena  kita akan membahas cara mengatasi ngantuk saat bekerja dan belajar pada kesempatan kali ini. Simak dengan baik ya…!
1.       Menggerakkan badan
Saat sobat terlalu lama bekerja dan belajar dalam posisi duduk tubuh akan terasa kaku dan seluruh sendi-sendi tubuh terasa nyeri. Jika hal ini dibiarkan Anda biasanya akan merasa kantuk dengan perlahan, bayangkan saja apabila masalah ini terjadi saat pekerjaan yang harus sobat kerjakan begitu banyak, wah pasti akan hancur. Oleh karena itu jika sudah ada tanda-tanda menguap segera gerakkan badan dengan aktivitas sederhana seperti, menganggukkan kepala kedepan-kebelakang dan kekiri-kekanan, putar badan sedikit, lakukan pijatan kecil pada bahu dan tangan, dll.
2.       Ngemil saat bekerja dan belajar
Banyak cara mudah yang dapat dilakukan jika ngantuk mulai datang salah satunya makan camilan sambil bekerja dan belajar, jika sobat bekerja dan belajar sambil ngemil mungkin akan membangun otak untuk lebih semanagat berpikir dan akhirnya Anda akan kembali konsentrasi pada pekerjaan yang ada di depan mata.
3.       Minum air putih yang banyak
Minum air putih dapat membuat mata yang kantuk menjadi melek lagi, tubuh kita akan terasa segar sehingga kita bisa lebih serius bekerja dan belajar dan kantuk malah hilang.
4.       Memandang hamparan hijau
Warna hijau itu menyegarkan mata, begitulah pengakuan beberapa orang yang pernah saya tanya. Oleh karena itu jika kita sudah ngantuk sobat bisa keluar sebentar dari ruangan kerja untuk melihat pepohonan, Anda juga bisa memandang persawahan yang hijau dan segar. Secara tidak langsung mata akan kembali segar, pikiran menjadi enteng, kantuk menjadi hilang dan yang terpenting kita bisa bekerja dan belajar dengan kondisi baik lagi.
5.       Makan permen
Masih sangat dekat dengan cara mengatasi ngantuk saat bekerja dan belajar dengan ngemil yaitu makan permen sambil bekerja dan belajar. Permen yang sobat makan akan membantu Anda rileks dan membuat otak kita tenang. Agar mata cepat melek, permen yang sobat makan bisa dibuat variasi rasa yang menantang misalnya, rasa pedas, manis asam, fresh dll.
6.       Ubah posisi dari sebelumnya
Posisi kerja yang terlalu lama monoton akan membuat kita cepat ngantuk, jika sobat ingin menghilangkannya dengan mudah Anda dapat merubah posisi tubuh dari posisi sebelumnya. Berbagai pose tubuh halal kok dilakukanasalkan sobat juga paham posisi tubuh yang aman dan membahayakan kesehatan.
7.       Berlari-lari sebentar
Selanjutnya Anda juga dapat berlari-lari kecil untuk mengusir rasa kantuk saat bekerja dan belajar. Tidak perlu lama-lama mungkin hanya perlu lima menit untuk kegiatan ini, karena dengan sebentar saja kita berlari-lari kecil mata kita yang hamper terpejam bisa membuka lagi.
8.       Mencari tempat yang nyaman
Ruangan yang penat dan sumpek akan membuat otak kita cepat lelah dan kita akan sulit untuk mendapatkan suplai oksigen. Oleh karena itu sobat bisa berpindah ruangan ke tempat yang aman jika Anda tiba-tiba merasa ngantuk saat bekerja dan belajar.
9.       Selingi dengan hiburan
Musik ataukah nonton komedi bisa juga menjadi salah satu solusi mengatasi ngantuk saat bekerja dan belajar
10.   Istirahat sejenak
Apabila sobat memang merasa ngantuk berat maka saya sarankan untuk tidur sejenak saja, karena jika saat bekerja dan belajar otak terlalu dipaksa itu juga tidak baik. Adakalanya rasa kantuk Anda memang karena faktor kelelahan akibat tugas yang terlalu menumpuk. Setelah Anda bangun diharapkan Anda bisa lebih berkonsentrasi dalam bekerja dan belajar.

Semoga tips-tips ini dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa tuk dicoba ya…!

0 comments:

Post a Comment

 
;