Thursday, January 9, 2014

Bagaimana Agar Tubuh Tetap dalam Kondisi Baik?

1. Makan  sayur-sayuran secara teratur
     Mengkonsumsi sayur-sayuran merupakan salah satu cara mempertahankan kesehatan tubuh. Apalagi, mengkonsumsi sayur-sayuran juga merupakan sebuah cara untuk menjalani diet yang sehat. Sayur-sayuran (khususnya yang berwarna hijau gelap) berperan sebagai  makanan pelindung karena mampu  menjaga tubuh dari berbagai penyakit. Bagi Anda yang kurang suka sayuran hijau dalam masakan, maka Anda perlu mencari alternatif lain untuk mengemas sayuran agar tetap terkonsumsi oleh kita, misalnya dengan cara di jus ataupun diolah dengan kombinasi bahan makanan yang lain.

2. Jalan kaki atau Jogging
Jalan kaki merupakan aktivitas murah dan mudah untuk dilakukan. Kita akan merasakan tubuh yang ringan jika kita terbiasa jalan kaki ataupun jogging, jalan kaki akan lebih menyenangkan jika dilakukan pada pagi hari saat udara asih segar karena belum terkontaminasi dengan udara kotor. Jalan kaki telah menjadi kebiasaan banyak orang sehat di dunia, jadi mulai dari sekarang ayo lebih giat tuk jogging ataupun jalan kaki.

        
3. Sikat Gigi Teratur
     Selain untuk merawat kecantikan, menggosok gigi teratur memang dapat menghindari gigi dari kerusakan.Seseorang akan tampil lebih percaya diri dengan gigi yang bersih, kesehatn gigi sangat penting sekali bagi kita. Gigi adalah alat utama kita saat makan, jika gigi kita sakit maka kita tidak akan bisa makan makanan sehat secara banyak.
     Kerusakan gigi biasanya disebabkan oleh makanan ataupun minuman yang terlalu dingin ataupun terlalu panas. Selain itu makanan yang terlalu manis akan mempercepat keroposnya gigi. Bagi sobat-sobat ku jangan lupa sikat gigi secara rutin setiap hari minimal 2 kali sehari yakni seusai bangun tidur dan menjelang tidur, ataupun bisa lebih dari 2 kali namun jangan terlalu banyak juga karena akan merusak email gig.

4. Periksa kesehatan pada Dokter
     Jika Anda punya dokter pribadi itu akan mempermudah Anda beserta keluarga untuk selalu update masalah kesehatan. Anda bisa membuat jadwal periksa kesehatan keluarga setiap beberapa bulan sekali, hal ini akan membantu seseorang tetap menjaga kesehatan tubuhnya dibalik segudang aktivitas.
    Di zaman kemajuan ini anda juga bisa mendapatkan informasi kesehatan melalui internet ataupun yang lainnya. Intinya Anda harus cerdas mencari informasi kesehatan.

5. Mengatur porsi makan
Mengatur porsi pada makanan yang dimakan bukan berarti harus dengan cara memberlakukan pantangan-pantangan terhadap makanan tertentu. Akan jauh lebih baik jika kita memakan es krim porsi kecil dibandingkan dengan es krim porsi besar dengan rasa yang sama. Mengatur porsi makanan yang kita makan akan menjaga tubuh dari jumlah kalori yang berbahaya.
     Selain itu dalam ajaran agama kita dianjurkan untuk menyedikitkan makan agar menjadikan kita tidak malas dalam mengerjakan segala sesuatu, misalnya saat sarapan Anda memakan makanan terlalu banyak maka perut akan terasa kenyang dan akhirnya mals untuk melakukan segala aktivitas hidup.
    Bagi sobat remaja, hati-hati dengan masalah diet. Jika Anda salah mengambil jalan tuk diet maka Anda malah akan mendapatkan tubuh gendut ataupun masalah yang lainnya. Hati-hati dengan makanan ringan, tanpa anda sadari snack atau makanan ringan akan mempercepat proses penggemukan badan Anda.

6. Istirahat yang cukup
    Fisiologi tubuh memiliki keterbatasan ketika bekerja. Menghindari tubuh dari kelelahan dapat mengefektifkan kerja organ tubuh di masa-masa kerja berikutnya. Tubuh yang terlalu diforsir untuk bekerja selanjutnya hanya akan membuat fisiologinya terganggu hingga pada akhirnya hanya akan menyebabkan kerusakan pada organ-organ tertentu. Kerusakan organ tersebut selanjutnya hanya akan menjadikan kesehatan tubuh berkembang ke arah yang fatal.
   Usahakan bagi Anda semua untuk melakukan tidur siang meskipun hanya 1 jam, karena istirahat di siang hari akan membantu anda lebih fit dalam melakukan aktivtas di malam hari.

7. Cuci tangan
    Cuci tangan tidak harus dilakukan sebelum makan saja. Setiap kita habis memegang sesuatu pasti disitu banyak kuman yang menempel dan akan menjadi sumber penyakit. Kontaminasi bahan-bahan berbahaya dan beracun banyak ditemukan di tangan manusia karena manusia selalu menjalankan aktivitasnya disertai dengan aktivitas tangan. Mencuci tangan dengan sabun akan mengurangi resiko berkembangnya kuman secara cepat.

8. Selalu hidup bersih
    Upaya terakhir yang dapat dilakukan ialah dengan selalu menjaga kebersihan, baik kebersihan diri dan lingkungan. Namun, hal lain yang saya tambahkan di sini ialah mengenai kebersihan hati. Kebersihan diri dan lingkungan selain dapat menghindari diri dari kuman pathogen dan zat-zat berbahaya, sebenarnya juga dapat membantu perjalanan mental manusia ke arah yang positif. Hal itu sama mekanismenya dengan kebersihan hati. Dengan selalu membiasakan diri berbuat hal-hal baik dan menyenangkan, psikologi manusia akan berkembang ke arah yang lebih baik sehingga dapat membantu manusia untuk bertahan di setiap perjalanan kehidupan.

 Nah, apakah Anda sudah siap untuk hidup dalam kondisi selalu baik...

0 comments:

Post a Comment

 
;